Kenali WhatsApp Funnel Biar Jualan Makin Laris

Halo juragan! Pernahkah anda mengetahui tentang WhatsApp Funnel? Secara sederhananya, WhatsApp Sales Funnel ialah cara mudah untuk mengetahui customer journey / perjalanan pelanggan setelah melewati proses pembelian dan transaksi produk yang anda jual melalui WhatsApp.

Perlu kita sadari bahwa banyak diluar sana yang menawarkan dari segi produk, harga, bahkan strategi pemasaran yang sama, yang mungkin bisa jadi toko online anda menjadi salah satunya.

Secara sederhana WhatsApp Sales Funnel yang dapat anda gunakan untuk strategi toko online anda ini, membantu anda memahami kriteria target pelanggan yang didasarkan atas kebutuhan maupun keinginan dari sang pelanggan terhadap produk anda.

Dikatakan “funnel” karena jumlah target pelanggan akan semakin sedikit seiring dengan perjalanan mereka sampai mendekati proses transaksi, namun akan meningkatkan terjadinya pembelian produk terjadi.

Dalam artikel ini, kita akan berdiskusi tentang WhatsApp Funnel untuk meningkatkan penjualan toko online anda.

Cari Tahu Kebutuhan Pelanggan

Tahap ini bisa dikatakan sebagai upaya awal anda menyebarkan kesadaran akan adanya toko online dan produk anda yang bisa memenuhi kebutuhan target pelanggan. Disini anda perlu mencari tahu bahwa siapa saja yang memiliki ketertarikan yang sama dengan jenis produk toko online yang kemudian akan menjadi prospek / target pelanggan anda.

Share link toko sebanyak mungkin ke sosial media karena Tokoko memiliki fitur clik-to-chat yang akan memudahkan pelanggan berkomunikasi dengan anda. Kemudian anda juga bisa membuat pesan otomatis dengan memakai WhatsApp Business.

Cari Tahu Kebutuhan Pelanggan

Ketertarikan Pelanggan Atas Dasar Perilaku Mereka

Pada tahap ini, biasanya pelanggan mulai menanyakan hal-hal yang spesifik terhadap produk yang anda jual. pastikan anda benar-benar siap menjawab semua pertanyaan yang diajukan.

Oleh karena itu, anda perlu keluarkan jurus jitu agar pelanggan mulai meningkatkan ketertarikan dan tidak mau ketinggalan atas produk yang anda jual, yaitu dengan melakukan Teknik Closing dan Call-to-Action.

Keputusan Pelanggan Memilih Produk

Pelanggan pada tahap ini sudah sangat dekat dengan transaksi penjualan, karena mereka sudah melewati tahapan yang sebelumnya untuk mengetahui kebutuhan / keinginan dan cara untuk memenuhi kebutuhannya mereka.

Disini anda sudah bisa menanyakan pertanyaan yang terkesan bahwa pelanggan akan melakukan pembelian. Sebagai contoh:

“Produk ready kak, kapan mau transfer pembayarannya kak?”
“Setelah transfer, produk akan langsung dikirim hari ini juga ya kak”

Aksi Pelanggan Membeli Produk

Ini adalah tahapan terakhir ketika pelanggan memutuskan untuk melakukan transaksi pembelian produk toko online anda. Tokoko memiliki opsi Fitur Pembayaran dan Fitur Pengiriman yang lengkap, sehingga semakin banyak opsi yang anda miliki, semakin besar pula pelanggan anda dalam melakukan transaksi.

Download Tokoko

Download aplikasi Tokoko di google play store sekarang juga!

Download aplikasi BukuWarung di google play store untuk membantu pembukuan transaksi secara digital

Follow instagram tokoko.id untuk tidak ketinggalan informasi dan tips seputar bisnis dan jualan online

19 thoughts on “Kenali WhatsApp Funnel Biar Jualan Makin Laris”

  1. 1. Tolong masukkan juga ekspedisi wahana dan pos

    2. Dialamatnya tolong juga sertakan ekspedisi yg digunakan. Misal yg digunakan oleh pembeli JNE, maka dialamatnya juga tertera JNE.

    3. Ada kolom dropship

    4. Adakan program promo yg bisa diklaim dan dipakai oleh pembeli

Leave a Comment