Untuk memulai sebuah bisnis toko online, anda bisa membuat model bisnis untuk toko online terlebih dahulu untuk bisa memudahkan anda dalam mengembangkan bisnis anda.
Semua jenis usaha termasuk toko online perlu memiliki model bisnis yang jelas dan tepat. Hal tersebut bertujuan untuk dapat meningkatkan potensi keberhasilan dalam mencapai target penjualan produk maupun strategi pemasaran yang dipilih.
Dalam artikel ini, kita akan mempelajari dan memahami konsep sederhana tentang apa itu model bisnis untuk toko online dan manfaat yang bisa didapatkan serta tips cara kerjanya.

Daftar Isi Artikel
Pengertian Model Bisnis
Model bisnis merupakan konsep dasar untuk sebuah bisnis dalam menjalankan operasionalnya, yang dapat dilihat dari faktor internal dan eksternal.
Faktor internal melihat bagaimana proses bisnis yang dijalankan secara terorganisir dan konsisten dapat terus berkembang.
Faktor eksternal melihat bagaimana sebuah bisnis memiliki nilai dan manfaat yang dapat diberikan kepada pelanggan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan laba.
Model Bisnis Sederhana Untuk Toko Online
Ada beberapa tips komponen yang perlu anda penuhi untuk toko online anda:
Jenis produk yang ditawarkan dan manfaatnya
Ada opsi yang bisa anda pilih, bisa dari produk dari toko offline anda, atau anda dapat memulai berjualan sebagai reseller atas produk orang lain.
Anda bisa melakukan riset sederhana terlebih dahulu untuk mengetahui manfaat dari produk. Sebagai contoh, anda menjual produk skincare, anda bisa menjelaskan khasiatnya untuk perawatan kulit pelanggan anda di deskripsi produk katalog Tokoko maupun postingan produk di media sosial.
Klik Disini untuk membantu anda mendapatkan ide jenis produk untuk anda jual di Tokoko.

Menentukan target pelanggan berdasarkan target pasar dan kategori pelanggan
Pertama, anda bisa melihat dari sisi dimana letak wilayah target pasar. Misalnya jika anda menjual produk tanaman hias, anda bisa menargetkan pelanggan di kawasan perumahan.
Kedua, anda dapat melihat dari sisi kategori pelanggan seperti usia, jenis kelamin, dan pendapatan. Misalnya jika anda menjual produk furniture, anda bisa menargetkan pelanggan yang berumur 18 tahun keatas.
Menggunakan strategi harga ganjil
Sebagai contoh, jika anda menjual produk minuman kopi, anda bisa memasang harga Rp 19.999 dibandingkan Rp 20.000.
Memilih bahan baku dan sumber daya produk
Jika anda menjual produk minuman boba, anda perlu memilih produsen minuman bubuk dan boba dengan harga yang murah sekaligus bahan yang kualitas terjamin.
Memilih strategi pemasaran dan distribusinya
Jika target pelanggan anda di usia 17-21 tahun, anda bisa menggunakan sosial media instagram. Karena rentang usia tersebut sangat dekat dengan penggunaan Instagram
Kemudian sebisa mungkin anda menggunakan opsi pengiriman sebanyak mungkin. Jika anda menjual produk elektronik, anda bisa memakai cara Cash-on-Delivery atau melalui kurir pengiriman yang terpercaya di Tokoko.
Menciptakan hubungan baik dengan pelanggan
Di Tokoko, anda bisa membuat katalog toko online yang lengkap, bisa copy dan share link toko online, serta opsi fitur pembayaran dan pengiriman sehingga memudahkan pelanggan anda untuk memesan produk.
Menjalin kerjasama dengan partner bisnis
Aplikasi Tokoko bisa menjadi solusi untuk toko online tingkatkan penjualan dengan fitur yang lengkap. Sebagai contoh, jika anda menjual produk hampers, anda bisa menggunakan kurir pengiriman sebagai partner bisnis yang tersedia di aplikasi Tokoko.
Mencatat pemasukan dan pengeluaran
Anda bisa menggunakan aplikasi BukuWarung yang praktis, dengan memudahkan anda dalam mencatat pemasukan dan pengeluaran toko online secara digital.

Manfaat Mengembangkan Model Bisnis Untuk Toko Online
Penjualan Produk yang terfokuskan dengan Target Pelanggan
Hal ini juga akan membantu strategi pemasaran toko online yang akan anda lakukan.
Memahami Keunggulan Produk anda dibandingkan Produk Kompetitor
Hal ini juga bertujuan agar anda bisa mengantisipasi persaingan dengan kompetitor agar kesempatan produk anda terjual semakin besar.
Mengetahui Perilaku Pelanggan untuk Tingkatkan Penjualan
Pelanggan menyukai jenis usaha atau toko online yang memiliki variasi produk yang ditawarkan agar dari proses perbandingan dan pengambilan keputusan dari pelanggan akan berpotensi besar menghasilkan penjualan.
Pelanggan akan sangat tertarik dengan rekomendasi produk, untuk membantu pelanggan dalam memenuhi ekspektasi mereka terhadap bisnis dan produk anda.
Cara dalam melakukan rekomendasi diantaranya melalui promosi, penggunaan rating produk, dan testimoni pelanggan.
Untuk mendukung terjadinya testimoni pelanggan, anda perlu memperhatikan branding atas bisnis anda sehingga menimbulkan kepercayaan dari pelanggan.
Untuk toko online, bisa dimulai dari menghasilkan foto produk yang berkualitas, memperhatikan postingan promosi di sosial media seperti pemilihan caption dan desain postingan.
Download aplikasi Tokoko di google play store sekarang juga!
Download aplikasi BukuWarung di google play store untuk membantu pembukuan transaksi secara digital
Follow instagram tokoko.id untuk tidak ketinggalan informasi dan tips seputar bisnis dan jualan online.