Platform sosial media menjadi sarana yang menjanjikan untuk anda dapat mengembangkan bisnis online dan meningkatkan potensi penjualan produk.
Salah satunya ialah Instagram, sosial media yang mengedepankan postingan secara visual.
Format yang bisa digunakan pun bervariasi seperti gambar dan video, dengan ditambah dengan fasilitas fitur feeds, stories, Dan IGTV, serta yang terbaru ialah IG Shopping.
Dalam artikel ini, kita akan berdiskusi tentang cara mudah meningkat followers di Instagram demi mendongkrak brand awareness Dan potensi penjualan toko online anda.
Daftar Isi Artikel
Pakai Call-to-Action
Cara ini yang paling umum digunakan untuk meningkatkan followers akun toko online.
Anda bisa mengajak kerabat dan pelanggan secara persuasif untuk mengikuti akun anda di Instagram, agar dapat membantu memberikan informasi seputar bisnis anda melalui publikasi konten di instagram.

Maksimalkan penggunaan bio Instagram
Cara ini akan sangat memudahkan audiens saat mengunjungi akun Instagram anda, karena akan secara cepat mengetahui link toko online anda pada tampilan depan.
Dengan Tokoko, anda bisa dengan mudah copy link toko anda dan kemudian menaruhkan pada bagian kolom website di bio Instagram.
Membuat konten yang relevan dan punya added-value di feeds dan stories
Terdapat beberapa aspek yang perlu anda pahami untuk membantu anda menciptakan konten yang relevan dan mempunyai added-value yang bisa dibagikan kepada audiens anda, sebagai target pelanggan.
Seperti penggunaan gambar yang berkualitas, foto produk yang terlihat jelas dengan latar belakang yang terang, font tulisan yang terlihat jelas, dan memuat informasi seputar produk / atau bisnis anda secara interaktif dan terkesan hidup.

Menggunakan filter yang bikin menarik dan unik
Penggunaan filter yang tepat membuat audiens anda di Instagram merasa nyaman pada saat melihat postingan anda.
Disarankan untuk tidak menggunakan filter yang dapat mengganggu audiens anda ketika melihat postingan yang anda buat. Gunakan filter normal atau yang menjadi favorit digunakan oleh konten instagram pada umumnya.
Pakai tag lokasi anda
Cara ini berfungsi untuk mempermudah audiens untuk mengetahui terhadap tempat domisili toko online anda.
Anda bisa menggunakan cara ini pada fitur feeds dan stories Instagram.
Memakai hashtag yang relevan
Hashtag memiliki fungsi agar postingan yang anda buat dapat dengan mudah ditemukan oleh pengguna instagram yang melakukan pencarian terhadap hashtag tersebut.
Penggunaan hashtag ini pastinya harus disesuaikan dengan apa isi dan nilai yang disampaikan dari konten yang anda buat.

Membuat highlights / Sorotan dari stories
Fitur ini terbilang sangat berguna untuk menyimpan kumpulan stories yang sudah anda buat sebelumnya.
Anda bisa kategorikan setiap highlights sehingga akan memudahkan audiens mengetahui isi dari stories dari highlights tersebut.
Merencanakan waktu posting dengan tepat
Pemilihan waktu yang tepat akan mempengaruhi hasil yang diharapkan setelah anda melakukan posting konten.
Jika produk anda menyasar kepada target pelanggan berumur produktif, anda bisa melakukan posting konten anda pada periode setelah jam kerja seperti jam 6 sore sampai 8 malam.
Intinya ialah agar anda mampu menghasilkan engagement yaitu dengan mendapat lebih banyak audiens yang melihat dan berinteraksi dengan postingan anda.
Selalu berinteraksi dengan audiens
Demi meningkatkan awareness dari brand dan produk toko online anda, mengupayakan hubungan baik dengan audiens di Instagram bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Menumbuhkan kepercayaan terhadap target pelanggan dapat diraih dengan secara konsisten mengimplementasikan customer service yang ramah dan persuasif.

Repost konten yang dibuat pelanggan
Hal ini bisa anda dapatkan melalui testimoni dan review langsung dari pelanggan, yang dapat diartikan sebagai User Generated Content (UGC).
Pelanggan bisa menggunakan hashtag yang berhubungan dengan bisnis anda dan juga bisa mention akun anda.
Selain menghemat biaya, metode ini berpotesi sangat ampuh untuk menciptakan brand awareness atas toko online anda sehingga dapat meningkatkan potensi penjualan.
Membuat campaign marketing
Campaign marketing ialah metode strategi yang bisa dilakukan untuk mempromosikan brand/produk/fitur dari toko online anda.
Campaign yang menarik akan meningkatkan potensi followers Instagram toko online anda berkembang.
Untuk menarik minat audiens agar mengikuti campaign yang anda buat, anda bisa maksimalkan melalui CTA, UGC, hashtag, dan tema konten yang dipublish.
Download aplikasi Tokoko di google play store sekarang juga!
Download aplikasi BukuWarung di google play store untuk membantu pembukuan transaksi secara digital
Follow instagram tokoko.id untuk tidak ketinggalan informasi dan tips seputar bisnis dan jualan online.
wow…keren bida dicoba nech makasih tips nya sangat membantu