Tips Promosi Online di Sosial Media

Di era digital seperti sekarang, pemilik usaha harus melakukan promosi secara online. Salah satu media promosi online yang cocok untuk dipakai adalah media sosial.

Semua orang sekarang sudah punya media sosial dan aktif menggunakannya hampir setiap hari. Hal itu menjadi peluang tersendiri bagi para pemilik usaha yang ingin promosi. Promo di sosmed pun juga tergolong mudah, serta tidak harus mengeluarkan banyak biaya.

Tips Promosi Online Lewat Sosial Media

tips promosi online

Promosi online mesti dilakukan semenarik mungkin, agar pelanggan yang memakai sosmed semakin tertarik. Berikut ini ada sejumlah tips promosi online di media sosial:

1. Tentukan Target Pelanggan yang Diincar

Walaupun promosi di sosmed tergolong mudah, pemilik usaha tetap harus menetapkan siapa target pelanggan yang diincar. Melakukan hal tersebut bisa bikin pemilik usaha tahu kepada siapa mereka harus melakukan promosi.

Menentukan target pelanggan sendiri bisa dimulai dari produk yang hendak dijual. Analisis kira-kira target pelanggan apa yang cocok untuk produk yang mau dijual.

Misal: bila produk yang dijual adalah pakaian ready to wear, maka target pelanggan yang tepat adalah anak muda usia 20-an. Terutama, anak muda yang ingin punya pakaian bagus, namun punya dana terbatas.

2. Tentukan Sosial Media yang Mau Dipakai

Selain target pasar, sosial media juga mesti ditentukan sebelum melakukan promosi online. Pemilik usaha bisa memakai semua sosial media yang ada, atau beberapa saja. Tinggal sesuaikan saja dengan target pelanggan yang hendak dituju.

Kalau mau pakai banyak sosial media, disarankan untuk memakai jasa admin. Walau harus keluar uang, memakai jasa mereka bisa membuat promosi di sosial media lebih efektif.

Baca juga: Tips Jualan di FB Supaya Laris

3. Buat Konten Status yang Menarik

Kalau pemilik usaha pakai Facebook atau WhatsApp, pemilik usaha wajib membuat status yang menarik. Semakin menarik sebuah status, maka pelanggan akan semakin tertarik untuk membeli produk yang dipromosikan.

Ada beberapa kiat yang bisa dipakai untuk membuat status menarik, yaitu:

  • Disarankan status yang dibuat pendek, namun berisi.
  • Status yang buat berisi informasi singkat produk, serta ajakan untuk membeli produk tersebut.
  • Jangan memasukkan unsur SARA ke dalam status yang dibuat.
  • Tambahkan unsur humor di dalam status, agar semakin menarik.

Jika hendak menulis status di WhatsApp, pemilik usaha bisa memakai fitur Status WA yang ada di Tokoko.id. Lewat fitur itu, pemilik usaha bisa membuat status WhatsApp secara cepat dan mudah.

Caranya, masuk ke menu Promosi lalu klik fitur Status WA. Pastikan pemilik usaha telah memasukkan minimal 3 produk yang mau dipromosikan. Buat status WA semenarik mungkin, lalu bagikan status tersebut di WA pemilik usaha.

Baca juga: Cara Bikin Status WA Untuk Jualan

4. Maksimalkan Tagar

Selain status, tagar atau hashtag adalah hal lain yang bisa dimaksimalkan. Tips promosi online lewat media sosial ini cocok dipakai saat promo di Facebook, Twitter, dan Instagram.

Lewat tagar, pengguna sosial media bisa menemukan produk yang dipromosikan dengan mudah. Supaya tagar bisa dipakai secara optimal, pemilik usaha disarankan untuk membuat tagar yang spesifik. Semisal: #BajuMurah #MinumanKekinian.

5. Memakai Poster Sosmed Tokoko.id

Tokoko.id tak punya fitur Status WA. Ada satu fitur lain yang bisa dipakai, terutama kalau mau promosi online via sosmed. Fitur yang dimaksud adalah Poster Sosmed.

Untuk memakai fitur ini, pemilik usaha harus memasukkan minimal 3 produk di aplikasi Tokoko.id. Habis itu, masuk ke menu Promosi dan klik fitur Poster Sosmed.

Isi sejumlah informasi penting dari kolom yang tersedia. Mulai dari Judul, Deskripsi Produk, hingga kalimat Penutup. Lalu pilih salah satu poster yang tersedia di fitur tersebut.

Ada enam poster yang bisa dipilih. Kalau sudah, pemilik usaha langsung klik Bagikan. Poster tersebut nantinya bisa dibagikan ke beberapa sosmed yang dimiliki. Khususnya WhatsApp dan Instagram.

Baca juga: Cara Bikin Poster Promosi Sosmed yang Menarik

6. Memberikan Respon yang Cepat Kepada Pelanggan

Salah satu kelebihan promosi di sosmed adalah pelanggan bisa memberi respon secara langsung dan cepat. Sesuai dengan karakteristik media sosial yang serba cepat dan mudah.

Untuk mengimbanginya, pemilik usaha juga wajib memberi respon yang cepat kepada pelanggan. Misal: kalau ada pelanggan yang bertanya soal produk yang dipromosikan, pemilik usaha wajib memberikan jawaban secara cepat.

Respon yang lambat akan membuat pelanggan merasa diabaikan, serta membuat mereka beralih ke pemilik usaha lain. Selain memberikan respon cepat, pemilik usaha juga harus selalu rajin mengisi konten di media sosial.

7. Lakukan Interaksi yang Baik Kepada Pelanggan

Pemilik usaha jangan terlalu fokus melakukan promosi di sosmed. Pemilik usaha juga wajib melakukan interaksi dengan pelanggan. Tips promosi online lewat sosmed ini dilakukan agar pemilik usaha dan pelanggan bisa lebih akrab.

Tips ini bisa dipraktekkan dengan cara melakukan IG live, mengucapkan selamat ulang tahun kepada pelanggan, atau bahkan melakukan giveaway.

8. Memperbarui Foto Profil Secara Rutin

Jangan meremehkan foto profil di media sosial. Sebab, hal tersebut rupanya bisa menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian pelanggan. Apalagi, jika foto profilnya dibuat semenarik mungkin.

Disarankan agar selalu memperbarui foto profil sosial media secara rutin. Bisa seminggu atau tiga minggu sekali. Foto profil sendiri bisa berupa logo dari si pemilik usaha, atau produk yang tengah dipromosikan.

Kalau pemilik usaha memakai Facebook atau Twitter, jangan lupa untuk memperbarui foto cover pada sosmed yang dipakai. Seperti halnya foto profil, foto cover atau foto sampul pada Facebook dan Twitter juga bisa menjadi salah satu penarik perhatian pelanggan.

9. Rajin Memposting dengan Berbagai Metode Promo

Saat melakukan promo di sosmed, disarankan untuk jangan hanya memakai satu metode promo saja. Lakukan berbagai metode promo yang bervariasi di hampir setiap postingan promo.

Misal: di postingan sebelumnya, pemilik usaha sudah melakukan promo dengan metode diskon. Di postingan selanjutnya, pemilik usaha bisa melakukan variasi dengan memakai metode giveaway.

10. Lakukan Promosi di Grup/Komunitas Online

Di media sosial, biasanya terdapat beberapa komunitas online. Komunitas semacam ini bisa ditemukan lewat grup-grup yang ada di Facebook, atau akun Instagram komunitas.

Pemilik usaha bisa melakukan promosi di komunitas online semacam itu. Tentu dengan catatan pemilik usaha diizinkan untuk melakukan promo di komunitas tersebut.

Tips ini sangat cocok untuk pemilik usaha yang punya niche market komunitas. Agar tips ini berjalan semakin baik, lakukanlah promo dengan pendekatan soft selling.

Baca juga: Keuntungan Ikut Komunitas Grup Bisnis

Kesimpulan

Sosial media adalah wadah yang tepat untuk melakukan promosi secara online. Sebab, hampir semua orang pasti punya dan aktif di sosial media.Ā  Promo di media sosial juga tergolong mudah, serta lebih hemat biaya.

Untuk melakukannya, pemilik usaha bisa memakai tips yang sudah disampaikan di atas. Semoga bisa dipraktekkan saat nanti berminat promosi online di media sosial. Sampai jumpa di kesempatan berikutnya!

DownloadĀ aplikasi Tokoko di google play store sekarang juga!

KunjungiĀ Website Belajar Tokoko untuk mengetahui tips dan trick cara berjualan dan pemakaian lewat Tokoko

FollowĀ instagram tokoko.id untuk tidak ketinggalan informasi dan tips seputar bisnis dan jualan online.

Leave a Comment