10 Tips Jualan Selama PPKM Level 3 dan Level 4

Setelah PPKM darurat Jawa-Bali selesai, pemerintah kini resmi menerapkan PPKM Level 3 dan Level 4. Kebijakan ini tentu saja diberlakukan demi mengurangi dampak buruk Covid-19.

PPKM Level 3 dan 4 sendiri diterapkan berdasarkan situasi pandemi yang melanda daerah tersebut. PPKM Level 3 diterapkan untuk daerah dengan kasus Covid-19 yang tinggi.

Sedangkan PPKM Level 4 diterapkan pada daerah dengan kasus Covid-19 yang lebih parah dibanding Level 3. Seperti halnya PPKM darurat, PPKM Level 3 dan 4 juga berlaku untuk semua daerah di Jawa dan Bali. Kedua jenis PPKM itu akan berlaku mulai 26 Juli 2021 hingga 2 Agustus 2021.

10 Tips Jualan Selama PPKM Level 3 dan Level 4

tips jualan selama ppkm

PPKM dua level tersebut tentu bikin siapa pun ketar-ketir. Termasuk Juragan yang punya usaha kecil menengah. Mau nggak mau, Juragan harus putar otak lagi, supaya bisa dapat cuan selama PPKM dua level itu berlangsung.

Salah satu hal yang mesti dilakukan adalah mengubah strategi penjualan. Juragan mesti bisa menentukan strategi penjualan seperti apa yang pas, agar dagangan Juragan laku dan bisa hasilin cuan.

Untungnya, Tokoko punya beberapa tips jualan yang efektif selama PPKM dua level nanti. Mau tahu apa saja tips jualan tersebut? Kalau ya, yuk langsung saja simak tips-tipsnya di bawah ini!

1. Gunakan Aplikasi Jualan Online

Karena nggak memungkinkan untuk jualan secara langsung, Juragan mau nggak mau mesti berjualan secara online. Untuk ngelakuinnya, Juragan bisa pakai aplikasi jualan online yang kini bisa di-download lewat HP Juragan.

Salah satu contohnya adalah Tokoko.id. Aplikasi ini bisa bantu Juragan untuk menjual semua produk Juragan secara online. Nggak cuma produk, Juragan yang bergerak di bidang jasa pun juga bisa pakai ini aplikasi.

Cara pakainya sendiri nggak terlalu susah. Juragan tinggal download langsung aplikasinya di ponsel pintar Juragan. Habis itu, isilah sejumlah informasi penting yang berkaitan dengan dengan usaha Juragan. Mulai dari logo usaha sampai produk atau jasa yang Juragan tawarkan.

Semua proses tersebut bisa Juragan lakukan hanya l5 detik saja, lho. Dan kabar baiknya, Juragan bisa pakai ini aplikasi tanpa biaya apa pun alias gratis!

2. Rajin Promo di Sosmed

Selain aplikasi jualan online, Juragan pun juga mesti memanfaatkan media sosial yang ada. Utamanya untuk mempromosikan produk atau jasa yang Juragan tawarkan.

Kalau mau pake cara ini, Juragan nggak usah repot-repot. Maksimalkan saja fitur yang ada di Tokoko.id. Di Tokoko, Juragan bisa mempromosikan produk atau jasa Juragan dengan mudah.

Caranya, bagikan saja tautan usaha Juragan yang ada di tokoko ke sejumlah sosial media yang ada. Mulai dari WhatsApp, Instagram, hingga Facebook dan Telegram.

Nantinya, para calon pelanggan bisa melihat dan mengakses tautan tersebut. Tanpa harus download aplikasi Tokoko terlebih dulu.

Baca juga: Tips Jualan Online Laris di Facebook

3. Tambah Varian Produk yang Tengah Dibutuhkan Saat Ini

Kalau Juragan punya usaha jualan produk, kami sarankan jangan jual satu produk saja. Jualah beberapa produk, terutama yang sekarang lagi dibutuhin banyak orang. Misalnya: masker, vitamin C, dan hand sanitizer.

Selain untuk nambah variasi, barang-barang tersebut juga bisa membantu orang-orang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Apalagi di saat PPKM Level 3 dan 4 nanti. Pastikan agar semua barang itu dijual dengan harga terjangkau, agar pelanggan bisa mudah membelinya.

Baca juga: Kategori Jenis Produk Tokoko

4. Atur Jam Buka

Walaupun nanti Juragan akan banyak berjualan secara online, Juragan harus tetap atur jam buka usaha Juragan. Apalagi, di masa PPKM Level 3 dan Level 4 nanti.

Seperti halnya PPKM darurat, PPKM dua level juga mengharuskan Juragan untuk buka di jam tertentu saja. Kalau nanti Juragan pakai Tokoko, Juragan tinggal atur saja jam buka usahanya sesuai ketentuan PPKM Level 3 dan 4.

Baca juga: Atur Jam Buka Toko di Tokoko

5. Atur Layanan Pengiriman dan COD

Selain jam buka, layanan pengiriman dan COD pun harus diatur sedemikian rupa. Hal ini sangat berlaku untuk Juragan yang fokus jualan produk. Untungnya, semua itu bisa dilakuin kalau Juragan pakai Tokoko.

Di aplikasi itu, Juragan bisa mengatur layanan pengiriman dan COD mana yang mau dipakai. Juragan pun juga bisa menentukan harga ongkir yang mau dipakai untuk pelanggan Juragan.

Baca juga: Metode Pengiriman Tokoko

6. Kasih Diskon dan Promo

Agar pelanggan semakin tertarik, Juragan bisa kasih diskon dan promo ke mereka. Untuk hal ini, Juragan mengandalkan Tokoko. Aplikasi ini punya fitur pengaturan diskon dan promo untuk setiap produk yang Juragan jual.

Agar semua pelanggan tahu, Juragan bisa kasih info diskon dan promo tersebut lewat tautan yang Juragan share di sosmed.

7. Buat Paket Produk

Paket produk adalah daya pikat lainnya yang bisa Juragan pakai. Dari sisi Juragan, paket produk bisa bikin Juragan ngejual banyak produk dalam satu kemasan. Sedangkan dari sisi pelanggan, mereka bisa dapetin banyak barang dengan harga terjangkau, bila beli paket produk.

Juragan bisa menerapkan paket produk dengan format beli dua gratis satu, atau sejenisnya. Pastikan barang yang dimasukkan dalam paket produk dalam kualitas OK, serta terjangkau dari sisi harga. Juragan tentu nggak ingin ā€˜kan pelanggan nyesel karena dapet barang paketan yang kurang berkualitas?

8. Tingkatkan Kualitas Produk

Sebagai penyedia usaha, Juragan jangan hanya fokus jualan melulu. Perhatikan pula kualitas dari produk Juragan itu sendiri. Tingkatkan kualitas produk Juragan dengan selalu mengganti pengemasan produk. Atau, rajin melakukan seleksi mana produk layak jual dan mana yang tidak.

9. Tingkatkan Pelayanan

Pelayanan adalah hal lain yang juga harus Juragan perhatikan. Semakin baik pelayanan, maka barang akan semakin cepat terkirim, serta pelanggan bisa semakin puas.

Ada dua aspek pelayanan yang wajib Juragan tingkatkan, yaitu pengiriman dan customer service. Pastikan agar pengiriman barang selalu tepat waktu sesuai waktu yang ditentukan.

Untuk customer service, pastikan agar nomor costumer service yang Juragan punya mudah dihubungi. Pastikan pula agar customer service-nya bisa memberikan pelayanan yang ramah, agar pelanggan merasa nyaman.

10. Jaga Hubungan dengan Customer

Walau sering dianggap remeh, menjaga hubungan dengan customer bisa bikin usaha Juragan laris, lho. Sebab, cara ini bisa bikin pelanggan merasa dekat dan dihargai oleh juragan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga hubungan dengan customer. Mulai dari menanyakan kabar, meminta kritik dan saran, hingga meminta testimoni dari mereka. Semakin baik hubungan dengan customer, maka customer akan semakin loyal kepada Juragan.

PPKM Level 3 dan 4 memaksa Juragan buat lebih kreatif dalam berjualan. Untungnya, kami sudah berikan tips jualan selama PPKM yang bisa Juragan pake nanti. Semoga tips-tips kami bisa Juragan eksekusi, ya!

DownloadĀ aplikasi Tokoko di google play store sekarang juga!

DownloadĀ aplikasi BukuWarung di google play store untuk membantu pembukuan transaksi secara digital

FollowĀ instagram tokoko.id untuk tidak ketinggalan informasi dan tips seputar bisnis dan jualan online.

Leave a Comment