Tambah List Pelanggan dan Kenal Lebih Dekat dengan Mereka

Faktor yang penting untuk kesuksesan dari menjalankan sebuah usaha adalah hubungan positif dengan pelanggan. Sebagai pemilik usaha, tentunya Juragan harus mengetahui siapa saja yang membeli di toko tersebut dan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. 

Melalui pelayanan yang baik kepada pelanggan juga dapat mendatangkan pelanggan baru dan memberikan pemasukan yang optimal.

Ada banyak cara untuk mengelola hubungan antara pemilik usaha dan pelanggan. Seperti halnya melalui fitur Supplier Refer Merchant yang dimiliki Tokoko. Fitur ini memberikan kemudahan bagi Juragan untuk mengenal lebih dekat dengan para pelanggan dan juga dapat menambahkan list pelanggan baru. 

Apa itu Fitur Supplier Refer Merchant

Fitur Supplier Refer Merchant adalah fitur yang memudahkan Juragan untuk menambah list pelanggan. Dengan fitur ini Juragan akan lebih mengenal para pelanggan di toko sendiri. Juragan juga dapat mengetahui dari nama lengkap pelanggan, nomor telepon, jumlah pesanan, total pembayaran, dan beberapa informasi lainnya yang berhubungan dengan pelanggan.

Syarat Khusus Untuk Menggunakan Fitur Supplier Refer Merchant

Bagi para Juragan yang ingin merasakan kemudahan dalam menambahkan list pelanggan dengan fitur Supplier Refer Merchant, Juragan dapat menggunakan fitur tersebut melalui versi website. Karena fitur ini memang baru tersedia di versi website Tokoko.

Namun jangan khawatir, secepatnya fitur Supplier Refer Merchant akan tersedia di aplikasi. Tunggu kehadiran fitur ini ya Juragan!

Keunggulan Fitur Supplier Refer Merchant

Fitur Supplier Refer Merchant membantu Juragan untuk dapat mengenal lebih dekat dengan pelanggan Juragan. Kemudian nantinya Juragan juga dapat menawarkan fitur “Talangin Dulu” untuk pelanggan Juragan.

Fitur Talangan Dulu sangat berguna untuk memudahkan pelanggan membeli produk dengan pembayaran kredit atau dicicil. Sehingga bagi pelanggan yang belum memiliki cukup uang namun stok produk di toko habis, dapat tetap mendapatkan produknya secara cepat.

Cara Menggunakan Fitur Supplier Refer Merchant

1. Cara Menambahkan Pelanggan Baru

Melalui website Tokoko Juragan tidak hanya dapat mengatur arus pesanan dan stok produk, namun Juragan juga dapat mengenal lebih dekat dengan para pelanggan. Juragan juga dapat menambahkan list pelanggan baru. Berikut ini cara mudah menambahkan list pelanggan baru di Tokoko :

  1. Buka Tokoko melalui website yaitu https://tokoko.id/
  2. Pada halaman utama pilih menu ‘pelanggan’.
  3. Di halaman pelanggan, pilih ‘tambah pelanggan’
  4. Isi secara lengkap dan benar nama lengkap dan nomor telepon yang terdaftar di Tokoko.
  5. Pilih ‘simpan’
  6. Jika ingin menambahkan list pelanggan lagi, pilih ‘tambah pelanggan’
  7. Isi lagi nama lengkap dan nomor telepon.
  8. Setelah tersimpan, nama pelanggan baru akan langsung muncul dan terdaftar pada list ‘semua pelanggan’ milik Juragan.

Setelah terjalin hubungan baik antara Juragan dan pelanggan, nantinya Juragan dapat menawarkan fitur “Talangin Dulu” untuk pelanggan Juragan. Fitur Talangin Dulu adalah metode pembayaran baru milik BukuWarung yang dapat digunakan pada website Tokoko.

Dimana fitur ini memudahkan pelanggan untuk melakukan transaksi kapan saja dengan saldo (kredit) yang sudah diberikan dan pembayaran sesuai dengan keinginan dan kemampuan pengguna. 

2. Cara Menawarkan BNPL ke Pelanggan

Sebelum pelanggan dapat menggunakan fitur Talangin dulu, ada taha pengajuan oleh Juragan pada pelanggan. Cara Juragan menawarkan fitur Talangin Dulu atau BNPL adalah sebagai berikut :

  1. Buka Tokoko melalui website yaitu https://tokoko.id/
  2. Pada halaman utama pilih menu ‘pelanggan’.
  3. Di halaman list pelanggan, pilih ‘Ajukan Talangin Dulu’ pada pelanggan yang ingin ditawarkan.
  4. Akan muncul keterangan untuk pelanggan memverifikasi data dan akan dihubungi oleh tim Tokoko.
  5. Pilih ‘ajukan’

Setelah tim Tokoko menghubungi dan pelanggan telah memverifikasi data, Juragan dapat melihat status Talangin Dulu para pelanggan yang telah diajukan. Mulai dari diterima, diproses, dan ditolak.

Karena fitur pembayaran ‘Talangin Dulu’ memang hanya tersedia untuk pelanggan atau Toko terpilih dan terdaftar oleh tim Tokoko. Juragan dapat selalu mengajukan atau merekomendasikan pembayaran dengan fitur Talangin Dulu kepada pelanggan. Semakin banyak yang ajuannya diterima maka Juragan semakin memiliki banyak supplier yang dapat melakukan transaksi dengan fitur Talangin Dulu.