Sebagai seorang pebisnis toko online, pastinya anda menginginkan pelanggan yang setia membeli produk dari anda. Selain untuk membantu mengembangkan bisnis, hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan.
Untuk berhasil melakukan penjualan kembali atau repeat order dari pelanggan yang sama, merupakan tantangan tersendiri sehingga anda perlu mengembangkan strategi dalam memasarkan produk anda.
Dalam artikel ini, kita akan berdiskusi tentang macam-macam alasan mengapa Anda belum berhasil mewujudkan repeat order.
Daftar Isi Artikel
Tidak melakukan retargeting
Maksud dari retargeting ialah dengan melakukan promosi kembali kepada pelanggan anda sebelumnya. Anda bisa share link kembali dari aplikasi Tokoko dan memberikan informasi produk atau penawaran terbaru dari toko anda.
Anda juga bisa membuat postingan konten di sosial media toko online anda dengan menampilkan foto produk yang menarik.

Kualitas produk tidak sesuai ekspektasi
Hal ini yang perlu Anda hindari dan pastikan tidak terjadi pada toko online anda. Kualitas produk yang kurang baik dari yang telah dipromosikan sebelumnya akan menurunkan respek serta kepercayaan pelanggan anda.
Anda perlu memastikan produk yang anda jual terjamin kualitasnya, dan sesuaikan pula dengan apa yang akan anda tulis pada bagian deskripsi produk.
Variasi dan inovasi produk yang monoton
Masyarakat sangatlah haus akan sebuah inovasi. Produk yang menarik minat mereka akan secara cepat mempengaruhi keputusan pelanggan lainnya untuk membeli.
Jika anda menjual produk seperti makanan dan minuman, disarankan untuk di beberapa periode anda mulai melakukan eksperimen terlebih dahulu untuk mengeluarkan produk baru bisnis anda.
Anda bisa melihat apa yang sedang tren dan disukai oleh target pelanggan anda, untuk meningkatkan potensi keberhasilan produk baru anda.

Penawaran promo khusus, bonus, atau giveaway kurang menarik
Trik ini bisa jadi manjur untuk meningkatkan penjualan produk anda. Namun anda perlu menyesuaikan terhadap penawaran yang anda lakukan, agar tidak mengurangi keuntungan yang anda dapatkan.
Disarankan untuk membuat promo spesial untuk pelanggan setia anda seperti diskon harga produk, pemberian kupon yang dapat ditukar sesuai dengan ketentuan, dan atau anda bisa lakukan giveaway untuk pelanggan terpilih.
Pelanggan menemukan value produk lain yang lebih baik
Identitas toko online sangatlah penting sebagai bagian dari strategi marketing anda. Demi mewujudkan hal tersebut, anda perlu memberikan value terhadap produk anda.
Bisa dilihat dari kegunaan, manfaat, detil informasi yang spesifik, yang kemudian dipadukan dengan kemasan produk yang menarik, dan pemasangan logo brand sehingga terkesan dapat untuk dipercaya oleh pelanggan.

Customer service yang kurang ramah
Ibarat kata pembeli ialah raja, kita perlu siap dan memahami betul apa yang perlu kita lakukan ketika berkomunikasi dengan pelanggan.
Anda perlu melakukan respon kepada pelanggan dengan cepat, menguasai pemahaman tentang produk serta opsi pembayaran dan pengiriman.
Opsi pembayaran dan pengiriman yang kurang lengkap
Hal ini bisa menjadi kendala bagi anda untuk menciptakan repeat order. Anda perlu mengetahui opsi pembayaran dan pengiriman apa saja yang familiar dan sering digunakan oleh pelanggan anda.
Dengan melihat tren pemakaian kedua opsi tersebut dari order produk yang sudah terjadi sebelumnya, sekaligus anda perlu menguasai cara pengirimannya

Konten yang berasal dari pengguna tidak maksimal
Cara ini dikenal dengan istilah User Generated Content (UGC). Ketika anda berhasil menjual produk, disarankan anda untuk tidak “melepas” pelanggan anda begitu saja.
Anda bisa menanyakan komentar kepada pelanggan atas produk yang anda jual dan membuat campaign pemasaran yang dapat diikuti oleh pelanggan
Misalnya, dengan melakukan postingan foto produk beserta ulasan positif di fitur Story instagram pelanggan anda dengan hadiahnya berupa bonus atau kupon.
Download aplikasi Tokoko di google play store sekarang juga!
Download aplikasi BukuWarung di google play store untuk membantu pembukuan transaksi secara digital
Follow instagram tokoko.id untuk tidak ketinggalan informasi dan tips seputar bisnis dan jualan online.