Ketika kita memiliki toko online, impian terbesarnya ialah dapat menghasilkan penjualan sebanyak mungkin. Ada penjual yang cepat laris, namun ada juga penjual yang merugi karena produk yang tak kunjung terjual.
Anda perlu memperhatikan bagaimana kualitas produk disertai dengan cara pemasaran yang sesuai akan berperan krusial untuk bisa membantu anda mendapatkan pelanggan.
Dalam artikel ini, kita akan berdiskusi tentang alasan mengapa produk toko online kesulitan dalam mendapatkan pembeli.
Daftar Isi Artikel
Target pelanggan tidak sesuai dengan jenis produk
Target pelanggan ialah sasaran sekelompok orang yang dimana mereka memiliki potensi untuk tertarik dan membeli produk yang anda jual.
Strategi pemasaran yang baik ialah ketika kita memiliki target pelanggan yang spesifik untuk sebuah produk. Karena kita tidak bisa menargetkan semua orang menjadi target pelanggan produk anda.

Teknik closing dan customer service yang belum maksimal
Teknik closing ialah ketika anda melakukan promosi secara persuasif kepada pelanggan untuk meningkatkan potensi pembelian.
Sementara itu, anda perlu menyeimbangkannya dengan kemampuan berkomunikasi yang baik dan ramah.
PHP terhadap pelanggan
PHP atau pemberi harapan palsu mungkin bisa menjadi alasan pelanggan anda kemudian mengurangi rasa respek terhadap produk anda.
Hal tersebut bisa disebabkan karena ekspektasi dari pelanggan setelah melihat kualitas produk melalui deskripsi dan foto produk, tidak sesuai setelah terjadi pembelian.
Strategi promosi yang salah
Promosi yang anda lakukan harus disesuaikan dengan jenis produk dan target pelanggan toko online anda.
Sebagai contoh, jika jenis produk dan target pelanggan anda cocok untuk kategori umur remaja diantara 17-21 tahun, anda dapat memilih untuk memprioritaskan promosi di sosial media seperti Instagram.

Harga produk yang kurang tepat
Penentuan harga produk, harus disesuaikan pula dengan jenis produk secara spesifik seperti misalnya dari bahan baku yang dipakai.
Anda juga perlu melihat harga produk kompetitor atau di target pasar yang sejenis dengan produk anda
Disarankan pula untuk anda menggunakan angka nominal ganjil yang tertera di harga produk anda untuk dapat mempengaruhi keputusan pelanggan membeli produk.
Belum ada bukti testimoni kepada pelanggan
Testimoni bisa menjadi kunci promosi bagi toko online anda. Karena hal tersebut dapat menimbulkan rasa kepercayaan terhadap produk anda.

Manfaatkan kesempatan untuk melakukan testimonial dengan pelanggan yang sudah membeli produk anda sebelumnya dengan persetujuan bersama pelanggan.
Bukti testimonial bisa anda jadikan konten di sosial media anda sebagai bagian dari promosi dan meningkatkan kesadaran kepada target pelanggan atas produk anda.
Download aplikasi Tokoko di google play store sekarang juga!
Download aplikasi BukuWarung di google play store untuk membantu pembukuan transaksi secara digital
Follow instagram tokoko.id untuk tidak ketinggalan informasi dan tips seputar bisnis dan jualan online.