Kenali Tipe Macam-Macam Pembeli

Bisnis jualan dengan metode mempunyai toko online sendiri merupakan cara kekinian yang anda bisa tempuh untuk mengembangkan bisnis.

Semakin perkembangan teknologi digital dan pangsa pasar yang luas, membuat variasi produk yang beredar semakin bermacam-macam.

Begitupun dengan perilaku pelanggan ketika tertarik dengan sebuah produk. Setiap calon pelanggan memiliki ekspektasi yang berbeda-beda terhadap produk yang berpotensi mereka beli.

Nyatanya, khususnya di Indonesia bahwa calon pelanggan lebih sering untuk menanyakan produk terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli.

Dalam artikel ini, kita akan berdiskusi tentang macam-macam tipe perilaku pelanggan dan tips cara menghadapinya agar meningkatkan potensi penjualan.

Pelanggan yang detil

Biasanya tipe pelanggan ini memiliki banyak sekali pertanyaan seputar produk yang tertarik untuk ia beli.

Jika anda menjual produk yang mempunyai spesifikasi yang cukup banyak misalkan produk elektronik, anda perlu menjelaskannya secara rinci di deskripsi produk.

Pelanggan yang detil
Penting untuk memaksimal semua komponen diatas untuk memaksimalkan penjualan. Photo source: pixabay.com

Pelanggan yang masih ragu

Bisa dikatakan adanya tipe ini karena dipengaruhi oleh faktor lain seperti budget pelanggan yang kurang cocok, masih melakukan perbandingan dengan produk lain, atau bahkan tidak terkesan dengan tampilan foto produk serta penjelasan deskripsi.

Sehingga sangatlah penting untuk setiap produk dapat memberikan informasi yang jelas dan mudah dipahami pelanggan.

Pelanggan “Hit & Run”

Tipe ini merupakan sebuah mimpi buruk bagi pebisnis toko online. Biasanya terjadi setelah pelanggan melakukan pemesanan, memilih opsi pembayaran dan pengiriman namun tidak melanjutkan ke transaksi dan menghilang begitu saja.

Cara mudah untuk menghindari hal ini ialah seperti jangan terlalu hard selling, jangan memaksakan pelanggan, dan ingat pelanggan secara ramah dan persuasif.

Pelanggan "Hit & Run"
Contoh Hit & Run ketika pelanggan tertarik dengan produk namun tidak melanjutkan pembelian. Photo Source: pixabay.com

Pelanggan yang to the point

Ini bisa jadi adalah yang diharapkan oleh anda, dimana pelanggan tanpa bertanya banyak tentang produk dan langsung menyatakan akan membeli produk.

Namun disini masih terdapat kemungkinan terjadinya “hit & run”, sehingga anda perlu follow up lagi kepada pelanggan secara persuasif.

Pelanggan setia

Salah satu impian anda bukan? Betul saja, kepercayaan yang sudah terjalin dengan pelanggan, akan sangat penting untuk keberlangsungan bisnis toko online anda.

Selalu maksimalkan metode customer service Dan mengoptimalkan kualitas dan inovasi dari produk menjadi kunci kesuksesan dalam mempertahankan pelanggan yang setia terhadap anda.

Pelanggan Setia
Photo source: pexels.com

Pelanggan pencari promo diskon dan gratis ongkir

Banyak sekali pelanggan yang memiliki budget minim diluar sana, namun memerlukan produk yang anda jual.

Sehingga metode ini bisa menjadi solusi agar dapat membantu pelanggan untuk membeli produk anda.

Namun anda perlu cermat dengan memastikan anda tetap untung meskipun melakukan metode ini.

Download Tokoko

Download aplikasi Tokoko di google play store sekarang juga!

Download aplikasi BukuWarung di google play store untuk membantu pembukuan transaksi secara digital

Follow instagram tokoko.id untuk tidak ketinggalan informasi dan tips seputar bisnis dan jualan online.

Leave a Comment