Cara Promosi Makanan Supaya Laris

Sedih akhir-akhir ini bisnis makanan Anda sepi pembeli? Sudahkah Anda mencoba melakukan evaluasi untuk mencari tahu alasan bisnis makanan Anda sepi? Jangan-jangan ada yang salah dengan cara promosi Anda. Apakah cara promosi makanan Anda sudah menyasar secara online?

Di masa pandemi Covid-19 seperti ini, Anda harus bisa bermain strategi untuk bisa mempromosikan bisnis makanan Anda dengan semaksimal mungkin. Jika tidak, maka bisnis makanan Anda akan stagnan dan bisa jadi gulung tikar. Tidak mau hal itu terjadi bukan?

6 Cara Promosi Makanan Supaya Laris

Mempertahankan penjualan di tengah pandemi, persaingan yang ketat dan tren yang berubah dengan cepat bisa menjadi tantangan. Kunci sukses untuk bisa meraih banyak penjualan adalah menemukan keseimbangan antara mendapatkan pelanggan baru vs mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Untuk membantu Anda meningkatkan penjualan, ada enam ide yang dapat Anda coba, di antaranya :

1. Utamakan Cita Rasa

Cita rasa adalah karakteristik atau kualitas utama dari suatu produk makanan apapun. Rasa yang hadir dalam suatu produk seringkali merupakan bagian yang sangat berpengaruh pada keberhasilan atau kegagalan pasar produk tersebut.

Keputusan mengenai rasa produk mana yang akan diluncurkan bukanlah sesuatu yang dianggap enteng, sebab dalam banyak kasus, menciptakan sebuah makanan dengan cita rasa yang lezat memerlukan rangkaian formulasi yang tepat.

Pastikan bahwa produk makanan yang Anda jual ini memiliki cita rasa yang enak setelah melakukan uji pasar. Rasa suatu produk bukan hanya kekuatan pendorong di balik pembelian pertama suatu produk, tetapi juga pembelian berulang.

Kalau rasanya enak, pasti customer akan membeli produk Anda lagi dan lagi. Pembelian yang berulang merupakan kesuksesan nyata dari sebuah bisnis makanan.

2. Beri Pelayanan Ramah dan Cepat

Prinsip terpenting dari setiap bisnis makanan adalah memberikan pelayanan yang ramah kepada customer. Sebuah rumah makan yang bagus harus ada komunikasi yang ramah dan efektif antara semua karyawan dengan pelanggannya.

Tim harus dilatih untuk berkomunikasi secara profesional. Harus ada komunikasi yang baik ketika menjelaskan kepada customer untuk menunggu pesanan. Pelayanan yang ramah dan cepat merupakan kunci dari alasan orang membeli makanan di toko Anda.

Kalaupun waktu tunggu lama, maka pastikan bahwa tim bisa mengkomunikasikannya dengan ramah. Meskipun sebenarnya memastikan layanan tepat waktu adalah hal yang paling disukai.

Jika sudah ada antrian pelanggan yang menunggu dan Anda menyadari bahwa mungkin perlu satu jam lagi untuk menampung pelanggan baru, beri tahu mereka. Memberikan informasi soal waiting list selalu lebih baik daripada harus membuat pelanggan menunggu dan mengecewakan.

Harus ada yang memberi tahu pelanggan sebelumnya jika hidangan tertentu membutuhkan waktu lama untuk disiapkan.

Letakkan TV di ruang tunggu agar pelanggan tidak bosan dan tidak ingin kembali lagi. Bisa juga toko Anda memiliki akses Wi-Fi. Anda juga dapat menyediakan permainan di meja untuk membuat pelanggan tidak bosan selama waktu tunggu jika tidak bisa melayani dengan cepat karena keterbatasan tenaga.

3. Beri Diskon

Apakah Anda menawarkan produk pada menu yang ingin Anda promosikan pada saat tertentu? Apakah Anda ingin meningkatkan penjualannya? Menetapkan bonus untuk produk tertentu adalah ide bagus.

Pilih makanan di menu yang ingin Anda terapkan sebagai penawaran khusus kemudian atur diskon. Selain itu, Cobalah untuk  memberikan diskon kepada pelanggan untuk produk tertentu

Anda bisa menawarkan diskon di sekitar hari libur: Ada banyak hari libur yang bisa dipilih untuk meluncurkan program diskon promosi. Pemberian diskon di hari libur akan membantu Anda bersaing lebih baik.

Anda juga bisa memberikan diskon dengan item bermargin tinggi dalam waktu terbatas. Saat menentukan menu mana yang akan didiskon, fokuskan pada item dengan margin tinggi yang akan memikat pelanggan.

Tawarkan diskon pada waktu yang terbatas untuk mengendalikan biaya. Misalnya, pertimbangkan untuk menjalankan diskon besar-besaran pada makanan premium, hanya untuk satu minggu.

Kemudian begitu pelanggan Anda ketagihan, mereka akan terus datang kembali untuk mendapatkan lebih banyak lagi. Jangan lupa, selalu beri tahu pelanggan Anda di saluran media sosial tentang semua promosi diskon tersebut

4. Rajin Promosi Lewat Sosmed (WA, IG, Tiktok)

Bukan rahasia lagi bahwa semakin banyak orang mengakses sosial media, itulah mengapa Anda harus bisa mengoptimalkan kehadiran sosial media untuk mempromosikan bisnis makanan Anda.

Buatlah akun media sosial seperti Instagram atau Tik Tok untuk bisnis Anda dan cobalah untuk membagikan postingan di sana. Cara promosi makanan IG, Tiktok dan beberapa sosial media lainnya menjadi lebih mudah untuk dipromosikan.

Ya, share promosi apapun di sosial media baik itu di WhatsApp, Instagram atau bisa juga Tik Tok. Bangun strategi konten terbaik untuk menumbuhkan basis penggemar Anda di media sosial. Mulailah dengan memantau posting media sosial dari para pemimpin pasar atau kompetitor Anda.

Cara ini setidaknya membantu Anda memahami tren. Branding media sosial yang sukses untuk bisnis makanan sangat bergantung pada frekuensi posting.

Selain rajin posting, Anda juga bisa menggunakan endorsement dari influencer sosial media. Ide kuncinya di sini adalah untuk memilih influencer secara cerdas untuk membangun merek yang tepat dan menarik audiens yang sangat ditargetkan.

Cara promosi makanan Tiktok, IG, Facebook dan sosial media lainnya adalah cara terbaik untuk membangun basis pelanggan. Secara keseluruhan, Anda dapat menggunakan media sosial sebagai alat untuk mempromosikan bisnis secara online.

5. Beri Bonus Setiap Pembelian

Anda juga bisa memberikan diskon beli  2 dan dapatkan bonus 1 menu gratis. Buy 2 get 1 adalah bonus yang sangat populer bagi pelanggan dan dijamin membuat mereka kembali lagi.

Untuk memaksimalkan keuntungan, Anda bisa memberikan penawaran terbatas pada makanan tertentu dan beri makanan bonus dengan harga yang lebih rendah.

Memberikan bonus pada beberapa menu tertentu adalah metode terbaik untuk mendorong pelanggan Anda memesan lebih banyak dan lebih sering. Pemberian bonus bisa menjadi strategi cerdas untuk meningkatkan bisnis selama masa-masa sulit.

Misalnya, jika restoran Anda sepi pada jam makan siang, maka fokuskan bonus spesial Anda di sekitar waktu makan siang. Tetapi berhati-hatilah untuk tidak terlalu memberikan banyak bonus menu untuk memastikan Anda tetap untung.

6. Posting Usaha Makanan di Tokoko

Mau lebih mudah mengelola bisnis makanan Anda? Cobalah untuk menggunakan aplikasi¬† bernama ‚ÄúTokoko‚ÄĚ. Buat toko online Anda sendiri dengan menggunakan Tokoko. Caranya sangat mudah sekali yakni :

  • Unduh aplikasi ‚ÄúTokoko‚ÄĚ di Play Store atau bisa juga di App Store
  • Setelah terunduh, aturlah nama toko online Anda
  • Buatlah katalog pada makanan yang hendak Anda jual. Jual makanan Anda dengan mengaturnya sesuai dengan kategorisasi dan atur harga beserta ongkos kirimnya.
  • Setelah itu, share tautan Anda ke berbagai sosial media Anda mulai dari Facebook, Twitter hingga Instagram.

Semua pesanan bisa langsung masuk ke WhatsApp dan Anda bisa mengatur jual beli online produk makanan lebih mudah dengan aplikasi ‚ÄúTokoko‚ÄĚ

Cara promosi makanan lewat WA menjadi lebih mudah dengan memanfaatkan aplikasi Tokoko. Anda tidak lagi perlu pusing lagi memikirkan cara promosi makanan melalui online karena semua sudah bisa diatur dengan mudah menggunakan ‚ÄúTokoko‚ÄĚ!

Download aplikasi Tokoko di google play store sekarang juga!

Download aplikasi BukuWarung di google play store untuk membantu pembukuan transaksi secara digital

Follow instagram tokoko.id untuk tidak ketinggalan informasi dan tips seputar bisnis dan jualan online

Leave a Comment