Cara Pakai Tokoko Keyboard

[UPDATE] : Kini Juragan bisa kirim link checkout pembayaran ke pelanggan langsung dari WA, biar jualan makin lancar

Balas chat pelanggan secepat kilat, pakai Keyboard Jualan Tokoko!

Seperti yang sudah banyak diketahui, Tokoko digunakan para Juragan dalam memasarkan produknya melalui Sosial Media secara mudah. Setiap produknya diberikan keterangan yang jelas dan lengkap sehingga pelanggan dapat langsung membelinya.

Tapi masih banyak juga loh pelanggan yang merasa kurang puas dengan informasi yang terdapat di deskripsi produk. Sehingga untuk lebih jelasnya mereka memilih bertanya langsung pada Juragan melalui WhatsApp yang tersambung dengan toko. 

Namun jangan khawatir Juragan, karena Tokoko saat ini sudah dilengkapi dengan fitur yang bisa mempermudah dan mempercepat Juragan dalam membalas pesan dari pelanggan. Fitur itu adalah Keyboard Jualan Tokoko.

Apa itu Tokoko Keyboard?

Tokoko Keyboard adalah fitur baru yang disediakan oleh Tokoko untuk mempermudah dan mempercepat Juragan dalam proses membalas pesan pelanggan dengan menggunakan Auto-reply. Tokoko Keyboard dilengkapi dengan Auto-reply yang menyediakan fitur-fitur di dalamnya seperti auto teks, bagikan info produk, buat pesanan, membagikan stiker, dan home untuk kembali ke aplikasi Tokoko.

  • Auto teks dapat digunakan Juragan untuk lebih cepat membalas chat atau pesan dari pelanggan dengan tamplate yang sudah disediakan.
  • Produk untuk membagikan info daftar produk dari toko kepada pelanggan.
  • Buat pesanan digunakan untuk membuat pesanan pelangan lebih cepat.
  • Ongkir dapat Juragan gunakan untuk cek ongkos/tarif pengiriman ke alamat pelanggan dengan berbagai pilihan kurir
  • Home untuk digunakan Juragan ketika ingin kembali ke aplikasi Tokoko dari aplikasi WhatsApp.

Kenapa harus pakai Tokoko Keyboard?

Fitur Tokoko Keyboard disediakan untuk mempermudah dan mempercepat Juragan dalam melakukan proses penjualan produk kepada pelanggan. Juragan akan lebih cepat membalas pesan dari pelanggan ketika ada pesanan yang masuk.

Jika sebelumnya saat membalas pesan dari pelanggan, Juragan harus bulak balik aplikasi Whatsapp dan Tokoko, sekarang tanpa ribet Juragan dapat dengan mudah menggunakan fitur Tokoko yang tersedia di keyboard pada Handphone Juragan.

Juragan langsung dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan atau memberikan informasi produk kepada pelanggan hanya dengan mengklik salah satu fitur Tokoko yang tersedia di Keyboard tanpa harus membuka aplikasi Tokoko.

Cara pakai Tokoko Keyboard

Keyboard Jualan Tokoko dapat digunakan Juragan setelah Juragan mengaktifkan Tokoko Keyboard. Juragan dapat mengaktivasikan fitur Tokoko Keyboard dengan langkah-lamgkah yang sangat mudah.

1. Cara Aktivasi lewat Pop Up Banner

  1. Buku aplikasi Tokoko.
  2. Pada halaman utama pilih “Tokoko Keyboard Banner”
  3. Klik “Gunakan Keyboard”
  4. Pada halaman aktifasi Tokoko Keyboard klik “Aktifkan Sekarang”
  5. Setelah itu akan diarahkan ke tombol atau toggle on/off untuk Tokoko Keyboard.
  6. Pilih metode input “Tokoko Keyboard” dan langsung aktif menjadi keyboard utama pada handphone.

2. Cara Aktivasinya lewat Menu Akun

  1. Buku aplikasi Tokoko.
  2. Pada halaman utama pilih menu “Akun”
  3. Pilih “Keyboard Jualan”
  4. Pada halaman aktifasi Tokoko Keyboard klik tombol atau toggle on/off di “Gunakan Tokoko Keyboard”
  5. Pilih “Ya, Yakin”
  6. Tokoko Keyboard sudah aktif dan langsung menjadi keyboard utama pada handphone.

Cara Menggunakan Fitur Dari Tokoko Keyboard

Tokoko Keyboard dilengkapi dengan Auto-reply yang menyediakan fitur-fitur di dalamnya seperti auto teks, bagikan info produk, buat pesanan, membagikan stiker, dan home untuk kembali ke aplikasi Tokoko. Berikut adalah cara menggunakan fitur-fitur Tokoko Keyboard :

1. Cara Menggunakan dan Mengubah AutoText

  1. Klik simbol auto teks.
  2. Aktifkan beberapa opsi auto teks dengan mengisi teks sesuai keinginan sehingga terdapat tamplate yang akan digunakan.
  3. Klik opsi auto teks yang ingin digunakan
  4. Klik send. Pesan akan terkirim dengan template yang sudah tersedia.
  5. Untuk membalas pesan secara otomatis, klik ikon “Auto Text”. Juragan dapat menyimpan hingga 10 pesan otomatis dan mengubah sesuai keinginan dengan tekan “Ubah Auto Chat”.

2. Cara Membagikan Produk

  1. Klik simbol produk.
  2. Akan muncul beberapa pilihan produk dari toko yang akan dibagikan.
  3. Klik “bagikan”
  4. Info produk akan langsung terkirim kepada pelanggan.

3. Cara Membuat Link CheckOut dari WA

  1. Klik simbol Pesanan
  2. Pilih Produk dan masukan jumlah yang dipesan oleh pelanggan, bisa juga cek ketersediaan stok produk yang akan dipesan
  3. Pastikan pesanan barang dan jumlahnya sesuai, klik tombol bagikan
  4. Pelanggan akan menerima pesan otomatis, rekapan detail pesanan dan link checkout untuk melakukan pembayaran

Baca juga : Panduan Lengkap Cara Catat Pesanan di Tokoko

4. Cara Cek Ongkir

  1. Klik simbol Ongkir.
  2. Isi dan lengkapi alamat pelanggan.
  3. Pilih metode pengiriman/kurir dan akan muncul beberapa tarif dari berbagai pilihan kurir.

Bagaimana Juragan penasaran mau pakai Keyboard Jualan Tokoko? Juragan dapat mengaktifkannya sekarang juga untuk balas chat pelanggan secepat kilat!