Memulai bisnis baru bisa menjadi pengalaman paling berharga dalam hidup Anda. Bisnis online memungkinkan Anda mengontrol jam kerja sendiri dan bisa lebih fleksibel. Tapi sayangnya, cara memulai bisnis online itu tidak mudah.
Faktanya, memulai bisnis sangat sulit, perlu ada percobaan beberapa kali sampai Anda bisa berhasil. Banyak kok pebisnis yang mengalami beberapa kali kegagalan sampai akhirnya bisa menuai hasil yang cukup memuaskan. Demikian pula dengan Anda, tidak ada yang instan, pun dalam berbisnis.
Daftar Isi Artikel
Cara Memulai Bisnis Online
Ketika ingin berbisnis, setidaknya Anda harus memulainya dengan beberapa pertanyaan penting: Apa misi Anda? Apa niat di balik menjual produk Anda? Alat pemasaran apa yang paling penting untuk digunakan?
Semua pertanyaan itu setidaknya akan memungkinkan Anda terhubung ke konsumen. Berikut panduan untuk memulai sebuah bisnis yang coba diulas oleh tim Tokoko :
1. Temukan Produk Yang Mau Dijual
Cara memulai bisnis online dari nol yang pertama adalah, Anda harus mencari produk untuk bisnis Anda. Ada beberapa opsi yang dapat diandalkan untuk mencari produk online shop. Berikut adalah beberapa opsi yang lebih populer.
Buatlah Sendiri
Membuat produk sendiri adalah cara umum bagi pemilik usaha kecil untuk memulai perjalanan bisnisnya, Namun, jika produk Anda menjadi populer dan Anda tiba-tiba tidak dapat memenuhi permintaan, maka itu bisa menjadi sedikit rumit ke depannya.
Meskipun Anda memiliki kontrol lebih besar atas prosesnya, pendekatan produk do it yourself umumnya tidak memiliki skala dengan baik.
Kerjasama dengan produsen
Pilihan kedua ini seringkali menjadi alternatif utama bagi pebisnis yang ingin menjual produk secara online. Anda dapat menggunakan produsen dalam negeri atau produsen luar negeri, namun ada pro dan kontra untuk masing-masing.
Idealnya, Anda harus memiliki spesifikasi terperinci saat mendekati produsen tertentu sehingga dapat meminimalkan waktu produksi dan menurunkan risiko menerima produk yang jauh dari apa yang Anda bayangkan.
Dropshipping
Dropshipping adalah cara bisnis online shop tanpa modal yang disukai. Dengan modal biaya awal yang rendah, dropshipping telah digemari oleh para pebisnis online dalam beberapa tahun terakhir. Dengan bisnis dropshipping, Anda tidak memiliki inventaris apapun.
Ketika customer membeli produk, maka Anda membeli barangnya langsung dari produsen atau pemasok dan pemasoklah yang juga mengirimkannya langsung ke alamat customer Anda.
Masing-masing metode untuk mendapatkan produk ini dapat membawa kesuksesan bagi pengusaha, tetapi yang terbaik adalah sesuaikan jenis produk pada bisnis yang ingin Anda jalankan.
Setelah itu Anda bisa menetapkan harga produk. Penetapan harga produk seringkali membingungkan bagi pemilik bisnis baru. Banyak yang bingung mencari strategi penetapan harga. Ada baiknya sih Anda meneliti harga pesaing.
Selain itu, jumlahkan berapa biaya untuk membuat satu unit produk Anda (termasuk waktu kerja dengan tarif yang wajar), dan tambahkan margin keuntungan yang Anda inginkan.
Anda mungkin ingin memastikan biaya yang dijual serendah mungkin dan margin Anda tetap terjaga dalam pasar. Tapi, tenang! Jika Anda takut tidak bisa menetapkan harga dengan benar pada percobaan pertama, maka gunakan saja harga yang Anda tetapkan pada awalnya.
Setelah Anda mulai menjual dan merasakan pasar dengan lebih baik, Anda dapat menyesuaikan harga untuk mencerminkan apa yang telah Anda pelajari.
2. Riset pasar
Riset pasar adalah sekelompok kegiatan yang memastikan bahwa bisnis memiliki solusi terbaik untuk mencapai tujuan strategisnya.
Untuk melaksanakan proses riset pasar, maka pebisnis harus menentukan tujuan mendirikan bisnis secara aktual, mengevaluasi dan mengusulkan solusi yang perlu ditangani. Riset pasar akan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda ke depannya.
Riset pasar juga akan menentukan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk promosi guna mencapai pangsa pasar tertentu. Dengan riset pasar, Anda bisa mengetahui seberapa besar marketnya dan peluang untuk mendapatkan kesuksesan nantinya.
3. Analisa Kompetitor
Memiliki persaingan di pasar adalah hal yang baik. Artinya ada permintaan untuk produk atau jasa yang ingin Anda jual. Oleh karena itu, Anda harus dapat membedakan diri Anda dari pesaing, jadi Anda ingin membuat “analisis pesaing.”
Analisis pesaing yang umum menggunakan kerangka kerja SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk menentukan keunggulan atau UVP.
Apa itu UVP? Jadi, UVP merupakan Unique Value Proposition, sebuah nilai keunikan dari apa yang akan dimiliki bisnis Anda dibandingkan dengan yang lain.
4. Cari Strategi Promosi yang Tepat
Setelah Anda membuat toko online, inilah saatnya untuk menggunakan keterampilan pemasaran Anda untuk membantu pelanggan menemukan bisnis Anda. Ada beberapa strategi promosi yang dapat Anda gunakan, antara lain:
- Social media marketing
- Pemasaran konten
- Iklan berbayar
- Search engine optimization (SEO)
- SMS marketing
- Affiliate marketing
- Email Pemasaran
- Influencer marketing
- Program loyalitas, misal jika berlangganan akan mendapatkan promosi atau diskon
Pada kenyataannya, Anda mungkin perlu mencampur dan mencocokkan beberapa dari strategi pemasaran di atas untuk menemukan pendekatan yang sekiranya tepat untuk promosi bisnis online Anda.
5. Buat Toko Online Gratis cuma 15 Detik
Kalau Anda sudah memiliki rencana yang tepat untuk semua langkah 1 sampai 4, maka saatnya Anda siap untuk membangun bisnis online Anda sendiri dengan memanfaatkan aplikasi bernama “Tokoko”.
Tokoko merupakan sebuah aplikasi yang dirancang untuk memudahkan dan membantu jual beli online Anda menjadi lebih cepat.
Anda hanya cukup share link toko online di bio profil sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter dan secara otomatis link akan terhubung langsung ke nomor Whatsapp bisnis Anda agar bisa berkomunikasi dengan customer.
Cara mendaftar toko online di “Tokoko” sendiri terbilang mudah, kok! Anda hanya cukup mengunduh aplikasi “Tokoko” dan setelah itu buatlah sebuah akun.
Gunakan nomor Whatsapp yang masih aktif untuk mendaftarkan akun dan setelah itu buatlah password. Jika sudah memiliki akun, maka Anda bisa melengkapi data diri, baru kemudian lengkapilah data pada toko yang Anda jalankan.
Anda bisa menambahkan berbagai macam produk bisnis yang hendak dikenalkan dan dijual ke customer. Setelah toko online Anda siap, maka salinlah link toko yang dibuat otomatis oleh aplikasi “Tokoko” dan sematkan pada bio akun sosial media Anda.
6. Jalin Hubungan Dengan Pelanggan
Cara memulai bisnis online yang terakhir adalah, bangunlah komunikasi yang bagus dengan pelanggan Anda. Ingat, keberhasilan bisnis sebagian besar bisa diukur oleh banyaknya orang yang melakukan repeat order dan menjadi pelanggan setia dari bisnis Anda.
Pertahankan reputasi produk Anda di mata pelanggan dan buat mereka selalu puas dengan apa yang telah bisnis Anda berikan kepada mereka. Kepuasan pelanggan bisa dibilang adalah kepuasan bisnis Anda.
Jadi, selalu jalin hubungan yang baik dengan pelanggan-pelanggan Anda. Tanyakan feedback mereka dan jika ada yang tidak memuaskan, minta maaflah dan berjanji untuk meningkatkan mutu produk bisnis Anda.
Mudah sekali bukan memulai bisnis online itu? Cari produk yang sekiranya sesuai dengan minat Anda, analisis pasar dan kompetitor, cari strategi promosi yang tepat dan buat toko online Anda sendiri dengan aplikasi Tokoko!