Adanya pandemi covid-19 menyebabkan banyak karyawan yang di-PHK karena perusahaan mengalami kerugian yang signifikan. Namun sebagian orang tidak menyerah dengan adanya pandemi global ini dan mulai berbisnis makanan. Meskipun cara memulai bisnis makanan online memang tidak mudah.
Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk bisa memulai sebuah bisnis makanan online. Jika Anda bingung untuk memulai bisnis makanan online dari mana, tenang saja! Di bawah ini ada beberapa panduan yang bisa Anda gunakan untuk memulai sebuah bisnis makanan secara online.
Daftar Isi Artikel
Cara Memulai Bisnis Makanan Online
Makanan adalah bagian yang sulit dipisahkan dari budaya Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang sangat menyukai makanan. Mungkin Anda memiliki resep atau menu makanan lezat yang telah Anda simpan dengan harapan suatu saat bisa membuka restoran sendiri?
Memulai bisnis dari awal bisa sangat melelahkan, jadi buat Anda yang bingung dengan cara memulai usaha kuliner kecil kecilan, ada beberapa panduan langkah demi langkah untuk Anda yang tertarik memulai bisnis makanan online :
1. Menentukan Makanan yang Ingin Dijual
Mengidentifikasi makanan yang hendak dijual membantu merencanakan strategi bisnis Anda. Ya, dengan tahu jenis makanan apa yang ingin Anda jual, maka hal itu akan membantu untuk menentukan target pasar.
Coba tentukan jenis makanan apa yang ingin sekali Anda jual. Apakah makanan ringan seperti snack, dessert, kue atau makanan berat. Bahkan makanan beratpun juga harus ditentukan, apakah untuk menu sarapan, makan siang atau makan malam.
Pastikan dalam menentukan makanan yang hendak dijual, Anda juga perhatikan mengenai kebersihan makanan. Kebersihan yang baik sangat penting untuk memastikan bahwa makanan yang Anda sajikan aman untuk dikonsumsi.
Ingat, Anda mendirikan bisnis makanan, sehingga perlu memperkenalkan cara kerja yang akan membantu Anda memastikan standar kebersihan sudah benar sejak awal.
Empat area utama yang harus diingat untuk kebersihan makanan yang baik adalah higienis, bahan-bahan segar dan tidak ada kontaminasi silang
2. Fokus Cita Rasa
Kata kunci dalam industri makanan adalah “citarasa”. Rasa adalah salah satu hal paling penting dalam bisnis makanan apapun. Cobalah untuk mencari resep yang bisa mengembangkan sebuah makanan dengan rasa yang lezat.
Bisnis makanan apapun harus menggunakan cita rasa sebagai strategi membangun bisnis. Rasa akan selalu menjadi pendorong penting sebuah kesuksesan bisnis makanan. Rasa dapat memastikan merek makanan Anda berbeda dengan bisnis lainnya.
Jika suatu produk dapat menawarkan cita rasa berbeda, maka hal itu akan mengarah pada keuntungan pemasaran. Rasa bisa menjadi alasan bisnis Anda dipilih oleh customer.
3. Menghitung Modal
Rencanakan anggaran sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan untuk mengembangkan bisnis di awal. Jika anggarannya rendah, cobalah dengan startup skala kecil. Hitung modal yang diperlukan untuk memulai bisnis makanan Anda. Jika diperlukan, aturlah dukungan keuangan atau cari investor.
Tetapkan harga untuk modal dan biaya pengiriman yang bisa didasarkan pada jarak atau jumlah pesanan customer.
Anda dapat memberikan pengiriman gratis untuk customer yang lokasinya terdekat atau jika memesan dalam jumlah besar. Jika Anda menyajikan makanan berkualitas baik dengan harga terjangkau, bisnis pasti dijamin sukses.
4. Menentukan Target Pasar
Tanpa pemahaman pasar yang tepat, bisnis Anda mungkin berakhir dengan kegagalan. Tujuan utama dari riset pasar adalah untuk mendapatkan wawasan tentang kebutuhan customer.
Melakukan survei untuk mengidentifikasi target customer dapat memberi Anda wawasan berharga. Wawasan atau informasi inilah yang pada akhirnya dapat membantu menghindari kegagalan dalam menjalankan bisnis.
Anda harus bisa menentukan target pasar agar dapat membantu meningkatkan perencanaan strategis dalam mengembangkan bisnis. Cobalah mengidentifikasi niche pasar dan melakukan riset pasar, baru setelah itu menyusun strategi.
Agar bisnis pengiriman makanan online Anda berhasil, bisnis harus menonjol dari bisnis yang ada saat ini. Merancang nilai jual unik atau unique selling proposition (USP) harus bisa Anda pikirkan.
Misal, Anda menawarkan hidangan lezat dengan harga paling terjangkau dengan kupon diskon, jual makanan sehat (healthy food) atau food frozen.
Hal-hal yang unik seperti itu akan membantu menarik perhatian customer dan meningkatkan bisnis makanan online Anda sesuai dengan target pasar.
Cari target pasar yang sesuai dengan niche bisnis Anda. Jika yang dijual makanan sehat, maka orang yang Anda sasar adalah ibu-ibu yang peduli dengan apa yang seharusnya dikonsumsi keluarganya.
Jika yang Anda jual adalah dessert kekinian, maka target pasarnya adalah anak mudah atau ibu-ibu yang suka makanan manis.
Saat merencanakan target pasar, branding bisnis pengiriman makanan juga harus menjadi pertimbangan besar. Anda harus memiliki nama yang menarik bagi target pasar Anda. Nama yang terkait dengan makanan dan peralatan makan adalah ide yang jelas.
Pastikan bahwa nama bisnis makanan Anda tidak mirip dengan beberapa merek populer lainnya karena nama bisa berubah menjadi keuntungan atau kerugian. Merancang logo dengan warna yang menarik juga dapat membuat merek lebih terlihat dan mudah dikenali.
5. Buat Toko Online di Tokoko
Buat toko online Anda sendiri dengan aplikasi “Tokoko”. Anda hanya cukup mengunduh aplikasinya di Play Store setelah itu mulai mengatur nama bisnis Anda kemudian memasukkan logo bisnis dan juga alamat toko.
Baru setelah itu Anda bisa mengatur tautan khusus dengan cepat. Anda bisa menambahkan beberapa produk bisnis dengan membuat katalog barang, mengkategorisasikan produk, mengatur harga hingga ongkos kirim dengan lebih mudah.
Terakhir, Anda bisa membagikan tautan bisnis Anda melalui WhatsApp dan menjadikannya sebagai bio di Instagram. Tautan tersebut juga bisa Anda share ke sosial media lainnya seperti Facebook, Telegram hingga Twitter dengan jauh lebih mudah.
Cara jualan online makanan basah atau kering, semuanya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Tokoko.
6. Mulai Promosi di Sosmed
Oke, jadi mari asumsikan bahwa toko online Anda sudah siap. Langkah ini bisa menjadi mimpi buruk karena butuh usaha dan pemahaman tentang berbagai proses jika Anda seorang pemula. Tapi, jangan takut. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memulai promosi bisnis di sosial media.
Syarat membuka usaha makanan adalah memiliki sosial media sebagai sarana promosi Anda. Cobalah bagikan resep yang dapat dibuat customer dengan bahan-bahan makanan yang Anda jual.
Anda tidak hanya menyediakan konten untuk memasarkan produk di media sosial tetapi juga menjual produk secara terselubung. Membagikan beberapa resep makanan merupakan cara yang bagus untuk merekomendasikan produk Anda.
Pemasaran di media sosial sangat bagus insightnya untuk bisnis online apapun. Setelah Anda sering mengupload konten di sosial media Anda, cobalah untuk membagikan diskon atau kupon untuk follower sosmed Anda.
Memberikan kupon atau diskon harga adalah kunci untuk penjualan makanan secara online. Selain itu, Anda juga bisa membuat giveaway dengan melakukan share dan follow akun bisnis makanan Anda.
Membagikan kupon, diskon dan giveaway adalah cara yang bagus untuk membuat orang-orang mengenal kehadiran bisnis makanan Anda di sosial media.
Bagi Anda yang ingin sekali memulai bisnis makanan, cobalah menggunakan panduan di atas. Cara memulai bisnis makanan online tidak sesulit yang dikira selama mau berusaha dan tidak mudah menyerah. Gunakan aplikasi Tokoko untuk mempermudah operasional jual beli online Anda.