Cara Melayani Pelanggan Agar Semakin Loyal

Apakah Juragan sudah paham bagaimana cara melayani pelanggan? Coba simak artikel ini. Salah satu kunci sukses dalam berbisnis adalah pelayanan yang baik kepada pelanggan. Semakin baik pelayanan pelaku bisnis kepada pelanggan, pelanggan akan semakin merasa senang.

Hal itu perlahan akan menumbuhkan loyalitas dalam diri pelanggan.Pelanggan yang loyal nantinya akan merekomendasikan bisnis atau produk si pemilik bisnis kepada pelanggan lainnya.

Hal itu tentu akan menguntungkan penjual, karena penjual bakal mendapat pelanggan baru. Oleh karenanya, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan adalah mutlak untuk dilakukan.

Cara Melayani Pelanggan agar Semakin Loyal

cara melayani pelanggan

Di era serba digital seperti sekarang, pelayanan tak hanya dilakukan secara offline, tetapi juga online. Di bawah ini, ada beberapa cara melayani pelanggan yang bisa dilakukan, baik secara online maupun offline agar pelanggan semakin loyal:

1. Lakukan Pelayanan Secara Tanggap

Saat melayani pelanggan, pemilik usaha harus melakukan pelayanan setanggap mungkin. Dalam artian, pelayanan yang dilakukan harus sesuai dengan permintaan pelanggan.

Misalkan: jika pelanggan membutuhkan barang satu dus dan harus diantar dalam waktu sejam, maka pemilik usaha harus memberikan pelayanan sesuai dengan permintaan dari pelanggan itu.

2. Beri Pelanggan Katalog Toko

Memberi katalog bisa menjadi salah satu cara melayani costumer dengan baik. Sebab, cara ini bisa memudahkan pelanggan dalam memilih dan membeli barang yang mereka mau.

Cara ini bisa dilakukan secara offline dengan mencetak katalog sebanyak mungkin. Namun, kalau mau lebih praktis, pemilik usaha bisa melakukannya secara digital.

Caranya adalah memakai aplikasi Tokoko.id. Di aplikasi ini, terdapat satu fitur bernama QR Code. Dengan fitur tersebut, pemilik usaha hanya perlu mengunduh dan mengirimkan QR code kepada pelanggan.

Pelanggan nantinya tinggal scan QR code tersebut. Setelah di-scan, pelanggan bisa melihat katalog dari toko si pemilik usaha. Cukup mudah, bukan?

Baca juga: Cara Buat Katalog Menarik di Tokoko

3. Lakukan Pelayanan dengan Sopan dan Sabar

Siapa pun pasti tak ingin dilayani secara tidak sopan. Untuk itulah, pastikan untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan secara sopan. Terlepas seperti apa karakteristik pelanggan tersebut.

Salah satu ciri pelayanan yang sopan adalah dengan menyapa pelanggan terlebih dahulu. Terutama jika pelanggan datang langsung ke toko.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah berkomunikasi dengan bahasa yang santun. Entah itu saat melayani pelanggan secara offline maupun online.

Selain sopan, pemilik usaha juga mesti melakukan pelayanan secara sabar. Perlu pikiran yang jernih dan hati yang tenang untuk bisa melakukan cara ini.

Dengan kesabaran, pemilik usaha bisa melayani pelanggan dari berbagai macam karakter. Mulai yang baik sampai menyebalkan.

4. Berikan Kartu Nama ke Pelanggan

Kartu nama bukan sekadar alat untuk menunjukkan identitas pemilik usaha. Kartu ini juga bisa dipakai sebagai alat untuk memberi pelayanan kepada pelanggan.

Lewat kartu nama, pemilik usaha secara tidak langsung bakal memberikan kontak si pemilik usaha kepada pelanggan. Nantinya kontak tersebut bisa diakses pelanggan, bila pelanggan hendak memesan barang, atau mau menyampaikan komplain kepada pemilik usaha.

Saat ini, kartu nama bisa dibuat dengan mudah. Caranya, bisa dengan memakai fitur Kartu Nama di Tokoko.id. Fitur tersebut membuatmu tak perlu mencetak kartu nama secara offline dalam jumlah banyak.

Fitur tersebut juga bikin pemilik usaha bisa membuat kartu nama dengan mudah. Pemilik tinggal masuk ke fitur Kartu Nama yang ada pada menu Promosi.

Habis itu, isi beberapa identitas penting, seperti nama usaha dan nomor telepon. Pemilik usaha bisa langsung membagikan kartu nama tersebut ke media sosial.

Namun, sebelum itu pemilik usaha bisa memilih desain kartu nama yang diinginkan. Terdapat 17 desain kartu nama yang bisa pemilik usaha pilih salah satunya.

Baca juga: Cara Buat Kartu Nama Digital Buat Bisnismu

5. Tentukan Jam Operasional yang Jelas

Lewat jam operasional yang jelas, pemilik usaha akan tahu kapan harus melayani pelanggan, serta kapan harus istirahat atau berhenti memberikan pelayanan. Jam operasional yang jelas juga bisa membuat pelanggan tahu kapan harus datang ke toko si pemilik usaha.

Secara offline, pemilik usaha bisa mencantumkan jam operasional toko di pintu masuk toko. Sedangkan secara online, pemilik usaha bisa mengoptimalkan fitur Jam Buka yang dimiliki aplikasi Tokoko.id.

Untuk memakai fitur itu, pemilik usaha hanya perlu masuk ke menu Akun yang ada di Tokoko.id. Pilih menu Pengaturan Toko, lalu klik Jam Buka.

Di sana, pemilik usaha tinggal atur saja jam operasional toko di setiap harinya. Mulai dari kapan toko beroperasi, sampai hari apa saja toko libur atau tutup. Kalau sudah, pemilik usaha tinggal klik Simpan.

Baca juga: Tips Atur Jam Buka Toko di Tokoko

6. Selalu Tepati Janji Kepada Pelanggan

Tak hanya di kehidupan sehari-hari, menepati janji juga mesti dilakukan saat melayani pelanggan. Dengan menepati janji kepada pelanggan, maka pelanggan akan senang dan selalu mempercayai pemilik toko.

Walau begitu, kadang ada kondisi yang membuat pemilik usaha kesulitan untuk menepati janji. Bila ini yang terjadi, pemilik usaha tinggal berkata jujur kepada pelanggan terkait ketidaksanggupan pemilik usaha dalam memenuhi janji.

Kalau bisa, pemilik usaha juga memberi kompensasi atau pengganti dari janji yang tidak bisa ditepati itu.

7. Memberi Solusi yang Tepat Saat Pelanggan Melakukan Komplain

Tidak jarang, pelanggan akan memberikan komplain kepada pemilik usaha soal pelayanan atau produk pemilik usaha. Bila itu yang terjadi, jangan panik. Pemilik usaha mesti tenang dan memberi solusi yang tepat.

Misal: bila pelanggan mendapatkan produk yang rusak, pemilik usaha bisa meminta maaf kepada pelanggan. Habis itu, pemilik usaha bisa memberi solusi dengan mengganti barang tersebut dengan barang baru. Atau, bisa juga dengan me-refund uang yang sudah dibayar pelanggan.

Selain membuat masalah cepat selesai, memberi solusi yang tepat juga bisa menambah reputasi pemilik usaha di mata pelanggan. Pelanggan akan menganggap pemilik usaha sebagai sosok yang bertanggung jawab dan bisa dipercaya.

8. Melatih Diri Sendiri dan Karyawan

Jangan lupa untuk melatih diri sendiri dan karyawan supaya bisa memberi pelayanan kepada pelanggan. Semakin terlatih, maka pemilik usaha dan karyawan bisa mmeberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Khusus untuk karyawan baru, pemilik usaha bisa melatih mereka di masa-masa magang atau training. Dengan begitu, mereka akan terbiasa dan terampil dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Cara satu ini juga bisa dipakai jika pemilik usaha hendak meningkatkan kualitas pelayanan terhdap pelanggan.

Penutup

Pelayanan merupakan salah satu kunci sukses dalam berbisnis. Semakin baik pelayanan sebuah bisnis, maka pelanggan akan semakin senang dan percaya kepada si pemilik bisnis atau usaha.

Hal itu nantinya akan membuat mereka mempromosikan usaha si pemilik bisnis kepada para pelanggan baru. Pemilik bisnis pun jadi tak perlu terlalu banyak buang tenaga untuk selama masa percobaan.

Dengan begitu, mereka akan semakin terbiasa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

DownloadĀ aplikasi Tokoko di google play store sekarang juga!

DownloadĀ aplikasi BukuWarung di google play store untuk membantu pembukuan transaksi secara digital

FollowĀ instagram tokoko.id untuk tidak ketinggalan informasi dan tips seputar bisnis dan jualan online

1 thought on “Cara Melayani Pelanggan Agar Semakin Loyal”

Leave a Comment