Ketika kita menjalankan sebuah bisnis toko online, strategi marketing yang tepat menyesuaikan dengan jenis kategori bisnis yang kita jalankan merupakan hal yang krusial.
Saat ini dimana persaingan yang semakin ketat, kita harus terus memperbaiki dan melakukan inovasi atas cara kita memasarkan produk demi mengembangkan bisnis.
Untuk memperkuat pemasaran toko online, anda membutuhkan pemakaian kata-kata yang memiliki potensi dapat mempengaruhi keputusan calon pelanggan untuk membeli produk anda. seperti misalnya yang anda lakukan ketika mengisi informasi nama maupun deskripsi produk anda.
Ada beberapa faktor yang perlu anda pahami agar dapat membantu anda memilih kata-kata promosi yang tepat untuk toko online anda:
- Kata-kata promosi harus singkat dan jelas
- Kata yang dipilih harus mudah dipahami dan sejalan dengan jenis produk
- Kata yang digunakan seolah anda sedang mempengaruhi dan mengajak agar pelanggan tertarik, membentuk kalimat persuasif
Dalam artikel ini, kita akan membahas kata-kata promosi apa saja yang bisa anda gunakan untuk memperkuat strategi copywriting toko online anda.
“Terbaik”
Kata ini biasa digunakan untuk memberikan kesan istimewa terhadap produk andalan anda.
Oleh karena itu, anda perlu menawarkan value produk yang unik daripada produk anda lainnya maupun produk kompetitor.
“Terbaru”
Kata ini sering dijumpai ketika adanya jenis atau varian baru produk yang tersedia.
Pelanggan sangat menyukai terobosan baru termasuk dalam hal produk, sehingga penggunaan kata tersebut bisa menjadi kesempatan emas untuk anda menawarkan inovasi dalam produk terbaru anda.
“Promo”
Sangatlah lumrah dan sering dijumpai pada penawaran di toko online.
Perlu digarisbawahi, kata ini bisa anda gunakan ketika misalnya anda ingin mempercepat penjualan produk maupun ingin cepat menghabiskan produk stok lama.

“Garansi”
Anda dapat menggunakan kata ini untuk memberikan kesan pasti terhadap calon pelanggan, biasanya jika sesuatu terjadi seperti produk yang tidak sesuai ekspektasi.
Biasanya kata ini digunakan untuk produk elektronik, furniture, atau produk benda padat lainnya.
“Best Seller”
Kata ini menunjukkan bahwa produk anda ialah yang paling laku diantara produk lainnya.

“Diskon”
Kata ini sangat umum digunakan untuk memberikan penawaran harga spesial atas produk tertentu.
Anda bisa memakai strategi ini ketika misalnya dibarengi dengan hari istimewa (diskon hari raya), untuk produk terbaru, atau untuk mempercepat penjualan produk stok lama.
“Hemat”
Anda dapat gunakan kata ini untuk memberikan kesan harga lebih murah dari produk anda.
Sebagai contoh ketika anda memberikan diskon, anda bisa menambahkan jumlah nominal yang bisa menghemat pelanggan ketika membeli produk.
“Murah”
Dari artinya saja, kata ini akan membantu kamu untuk mempengaruhi pelanggan dalam membeli produk.
Namun anda perlu hati-hati memakai kata ini agar tidak kehilangan value dari produk anda. Gunakan kata ini misalnya saat memberikan diskon seperti “dapatkan dengan harga murah, minggu ini diskon 10% semua varian”
“Bonus”
Penawaran ini akan sangat menarik bagi pelanggan. Disarankan untuk memberikan bonus yang masih berhubungan dengan jenis produk yang terjual.
“Gratis Ongkir”
Dengan kata ini, bahkan pelanggan dapat seakan-akan terhipnotis untuk melakukan pembelian.
Kata ini akan dianggap menguntungkan pelanggan, meskipun misalnya pelanggan perlu melakukan pembelian dengan nominal produk yang lebih untuk mendapatkan gratis ongkir.
“Limited Stock” / “Stok Terbatas”
Kata ini berfungsi agar calon pelanggan terpengaruh agar membeli produk anda secara cepat karena stok yang terbatas agar tidak ketinggalan.
“Limited Edition” / “Edisi Terbatas”
Kata ini memiliki kesan bahwa produk anda sangatlah istimewa, atau jarang ditemui sehingga memiliki value lebih yang bisa ditawarkan ke pelanggan.

“Kualitas Terjamin”
Sangat penting bagi anda untuk memberikan dan mempertahankan kepercayaan kepada pelanggan.
Dengan kata ini, dapat membantu anda dalam memenuhi ekspektasi dari pelanggan, sekaligus melalui produk yang berkualitas.
“Aman”
Kata ini dapat membantu anda dalam menjelaskan informasi atas durasi pemakaian dari produk, sudah ada jaminan garansi, maupun saran pemakaian produk.
“Terpercaya”
Sama dengan artinya, kata ini berfungsi agar membantu anda memenuhi ekspektasi dari pelanggan, terutama atas produk yang ditawarkan oleh toko online anda.
“Buy One Get One” dan sejenisnya
Penawaran ini bisa dibilang mirip dengan bonus, namun biasanya fokus dengan tambahan jumlah produk dari pesanan jenis produk yang sama.
“Rekomendasi”
Kata ini berfungsi untuk menawarkan produk secara spesifik yang biasanya paling laris atau paling banyak dilihat pelanggan di toko online.
“Cocok”
Kata ini umum digunakan untuk meyakinkan pelanggan atas kegunaan atau manfaat dari produk anda.
“Khusus”
Kata ini dapat berfungsi semisal untuk lebih menegaskan terkait diskon produk atau saran pemakaian atas produk.
“100% Original”
Anda perlu meyakinkan pelanggan, dan penggunaan kata ini akan membantu anda agar mengurangi potensi kekecewaan pelanggan atas produk anda.
“Spesial”
Sema dengan makna dari kata ini, berfungsi agar anda dapat memberikan alasan yang jelas pelanggan mengapa perlu membeli produk anda, melalui value dan kelebihan yang ditawarkan.

“Awet”
Biasanya kata ini digunakan untuk memastikan durasi pemakaian yang lama atas produk anda.
Download aplikasi Tokoko di google play store sekarang juga!
Download aplikasi BukuWarung di google play store untuk membantu pembukuan transaksi secara digital
Follow instagram tokoko.id untuk tidak ketinggalan informasi dan tips seputar bisnis dan jualan online.